Mengatasi Flu Pada Ibu Menyusui Cara Aman dan Alami

Pusing ya bun kalau sudah terkena flu? Flu memang bisa diderita oleh siapa saja termasuk oleh ibu menyusui. Walaupun penyakit Flu termasuk penyakit yang ringan, tapi cukup untuk mengacaukan kegiatan sehari-hari. Pilek, pusing, tidak enak badan, bingung kan?

Penyakit Flu atau Influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan, tidak hanya hidung saja, tetapi juga tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru.

Virus Influenza termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae ini mudah sekali menular. Penularan virusnya dapat terjadi melalui udara pada saat orang berbicara, bersin dan batuk.

Mengatasi Flu Pada Ibu Menyusui

Flu terjadi akibat daya tahan tubuh yang menurun sehingga virus dapat menginfeksi tubuh dengan cepat.

Gejala-gejala Flu yang bisa dirasakan penderita diantaranya, demam, rasa kedinginan atau orang kalau istilah orang jawa disebut nggregesi, sakit kepala, batuk-batuk, tenggorokan sakit, pegal-pegal atau nyeri otot bahkan kehilangan nafsu makan.

Lalu bagaimana jika ibu menyusui mengidap flu?
Saat terserang flu, bunda masih bisa menyusui si kecil seperti biasa. Dengan menyusui, maka antibodi yang dibentuk tubuh ibu untuk melawan virus flu akan ditransfer kepada bayi melalui ASI, bahkan sebelum ibu mengalami gejala flu. Transfer antibodi memberi keuntungan bagi bayi.

Dia akan memiliki kekebalan alami dari ASI. Bila kemudian tertular, tubuhnya sudah dipersiapkan oleh antibodi yang terkadung di dalam ASI. Hal ini tidak mungkin diperoleh jika bayi tidak disusui.

Agar flu bunda tidak menular pada si kecil, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya dengan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, memakai masker agar percikan ludah saat batuk atau bersin tidak terpapar ke bayi, menghindari kontak wajah dengan bayi.

Sebaiknya bunda menidurkan bayi di samping bunda, agar ibu dapat menyusui dengan mudah dalam posisi tidur menyamping. Posisi seperti itu akan sangat membantu ibu agar cukup beristirahat.

Untuk mengatasi flu, ibu dianjurkan untuk melakukan pengobatan. Ibu menyusui memang dianjurkan untuk tidak meminum sembarang obat ketika sakit, termasuk ketika menderita flu.

Sehingga ada baiknya sebelum ibu menyusui meilirik obat kimia untuk menyembuhkan flunya, ibu bisa mencoba dulu ramuan tradisional yang alami. Lalu apa saja ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi flu?

1. Jahe

Jahe dipercaya dapat melegakan tenggorokan dan bisa membuat pilek anda sembuh dengan waktu yang relative singkat. Ibu bisa mengonsumsi jahe dengan membuatnya sebagai minuman. Mencampurnya dengan teh atau susu.

2. Madu dan Lemon

jika sang ibu membutuhkan obat flu untuk ibu menyusui, ibu bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan juga madu. Minum obat tradisional flu tersebut secara rutin sampai flu bisa teratasi.

3. Bawang Putih

Meredakan flu dengan bawang putih cukup dengan mengunyah bawang putih. Jika anda tak tahan dengan baunya, anda bisa mencampurkan bawang putih dengan makanan yang anda suka. Konsumsi secara rutin sampai flu ibu sembuh

Nah itu di bahasan kita tentang apa saja yang harus dilakukan oleh ibu menyusui yang terkena flu.Selain hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui.

Ibu menyusui disarankan untuk istirahat cukup, banyak minum air hangat, berjemur matahari pagi, mandi air hangat, tetes hidung salin dan terapi uap dengan peppermint atau eucalyptus oil.

Melakukan hal tersebut cukup untuk membantu kenyamanan ibu selama terserang flu. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jaga kesehatan ya bun.