Skip to main content

Apakah Scabies Bisa Sembuh Sendiri

Virus scabies atau yang sering disebut dengan kudis adalah penyakit kulit yang sering menyerang manusia. Memang banyak orang yang terkena penyakit kulit, baik itu penyakit kulit ringan maupun penyakit kulit yang berbahaya. Dan scabies sendiri adalah salah satu penyakit kulit yang cukup berbahaya. Tercatat ada lebih dari 130 orang di seluruh dunia terjangkit virus scabies, hal tersebut menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Sayangnya penyakit scabies pada manusia sering dianggap remeh dan tidak mendapatkan perhatian banyak dari mereka yang terkena virus ini. Apabila seseorang terkena virus ini maka gejala scabies yang pertama dirasakan adalah rasa gatal dan akan semakin parah pada saat malam hari. Cara penularan virus ini sangat mudah yaitu lewat pakaian atau tempat tidur yang penuh. Yang lebih mengejutkan lagi adalah tungau mikroskopis Sarcoptes scabiei ini dapat hidup di kulit selama berbulan-bulan dan menyebabkan ruam pada kulit.

Apakah Scabies Bisa Sembuh Sendiri

Hal itu terjadi apabila manusia tidak mengetahui bagaimana pengobatan scabies itu sendiri. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui apa penyebab dari penyakit scabies dan mengetahui bagaimana untuk cara penyembuhan nya. Sebab, penyakit ini tidak dapat sembuh dengan sendirinya.

Penyebab Orang Terkena Scabies dan Cara Mengobati Scabies Secara Tradisional

Kontak Kulit Ke Kulit dengan Penderita Scabies

Penularan scabies yang paling sering terjadi adalah karena adanya kontak fisik dengan penderita dalam waktu yang cukup lama, seperti ketika seorang ibu memeluk anaknya dan teman dekat yang sering bersentuhan.

Berbagi Handuk dengan Penderita Scabies

Banyak orang yang tidak mengetahui jika berbagi handuk adalah salah satu penyebab tertular nya penyakit kulit. Seperti ketika mereka berbagi handuk dengan salah satu penderita scabies, maka besar kemungkinan tungau akan menempel di handuk dan berpindah ke tubuh orang yang memakai handuk setelah penderita. Perlu Anda ketahui jika tungau dapat hidup di luar tubuh manusia selama 2 sampai 3 hari.

Cara Mengobati Scabies Secara Tradisional

Ada banyak cara menyembuhkan scabies, baik menggunakan obat dari resep dokter maupun yang mengobatinya secara tradisional. Memang benar apabila melakukan pengobatan ke dokter merupakan cara mengobati scabies dengan cepat. Namun beberapa dari mereka lebih memilih untuk mengobatinya dengan cara tradisional. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan campuran kunyit dan minyak zaitun yang kemudian dioleskan pada kulit yang terkena scabies.

Selanjutnya untuk menyembuhkan penyakit scabies secara tradisional adalah dengan lendir lidah buaya. Dengan menggunakan lendir lidah buaya, selain dapat menyembuhkan juga dapat membantu pemulihan kulit yang berubah hitam akibat bekas scabies. Kemudian ada bawang merah dan bawang putih yaitu oleskan tumbukan bawang merah di pagi hari dan tumbukan bawang putih di sore hari. Apabila Anda suka, makanlah bawang putih mentah untuk meningkatkan imun tubuh.

Berikutnya adalah dengan daun sirih, yaitu dengan cara direbus bersama garam kemudian dilarutkan dengan air bak mandi dan gunakan untuk mandi. Selanjutnya adalah dengan belerang karena belerang dipercaya mampu membubuh scabies, namun hanya tungau saja dan telurnya tidak dapat ikut musnah. Anda dapat langsung pergi ke pemandian air panas secara rutin atau membelinya di apotek.

Itulah di atas mengenai penyebab dan cara menyembuhkan scabies secara tradisional. Kemudian untuk tanda scabies sembuh adalah kulit sudah tidak terasa gatal serta hilangnya ruam pada kulit. Oleh karena itu, lebih baik jaga kebersihan diri Anda, rumah, serta lingkungan sekitar agar terhindar dari tungau.

Bagikan artikel ini:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *